Macro Excel: Mengubah Angka Menjadi Teks

Tiga hari yang lalu, seorang teman menghubungi saya lewat telepon, bertanya tentang formula untuk mengubah sebuah angka menjadi teks. Dia ingin mengubah, misalnya, angka 145 menjadi seratus empat puluh lima. Seperti tulisan “terbilang” yang ada di kuitansi-kuitansi.
Saya ingat, dulu saya pernah membuat sebuah macro di Excel yang berfungsi seperti ini. Sebenarnya, macro ini aslinya untuk teks berbahasa Inggris (saya lupa dapat dari mana1), kemudian saya mengubahnya menjadi berbahasa Indonesia. Karena adanya perbedaan struktur bahasa, tentu saja perubahan ini menjadi tidak sekadar hanya menerjemahkan.
Silakan unduh kodenya—hasil ubekan dari tumpukan file. Anda tinggal memasukkannya ke bagian module di MS Visual Basic pada berkas Excel Anda. Di worksheet, Anda bisa memanggil fungsi ini dengan menulis =terbilang(x). Angka x dapat Anda isikan langsung, atau dapat pula merupakan referensi ke sel lain.
Terbilang (1.23 KB)
Tambahan (23-04-2007). Bagi Anda yang kesulitan menerapkan macro ini, berikut adalah petunjuk singkatnya.
  1. Setelah berkas (file) di atas Anda unduh, bukalah dengan aplikasi pembaca teks. WordPad, misalnya.
  2. Bukalah berkas Excel yang baru, atau berkas milik Anda yang ingin ditambahi kode ini.
  3. Pergilah ke Tools > Macro > Visual Basic Editor. Langkah ini dapat pula Anda tempuh dengan menekan Alt + F11. Langkah ini akan membuka satu jendela khusus untuk Visual Basic Editor.
  4. Di bagian VBAProject di panel sebelah kiri, klik-kanan ThisWorkbook > Insert > Module.
  5. Di bagian kosong yang terbuka di bagian kanan, tuliskan kode macro yang tadi dibuka di WordPad. Silakan salin-dan-tempel.
  6. Kembalilah ke jendela Excel Anda, dan cobalah tuliskan formula terbilang di salah satu sel. Misalnya, tulislah =terbilang(123) maka hasilnya akan berupa tulisan seratus dua puluh tiga rupiah. Anda juga dapat menulis formula dengan =terbilang(B3), misalnya, dan sel B3 berisi angka yang ingin dibuat teks.
Perhatian. Bila macro di aplikasi Excel Anda tidak dapat dijalankan, periksalah bagian Macro security. Pergilah ke Tools > Options…, klik tabSecurity lalu klik tombol Macro Security di bagian bawah. Ubah pilihanSecurity level ke Medium (disarankan) atau Low.
Pembaruan. Pengecekan bilangan negatif ditambahkan. Bilangan negatif akan dibaca minus sekian sekian.
19-12-2007. Berkas add-ins untuk fungsi terbilang tersedia untuk diunduh. Terima kasih agus untuk sarannya.
Untuk mengaktifkan add-ins ini, simpan berkas .xla yang sudah Anda unduh di komputer Anda. Di Excel, pergilah ke menu Tools > Add-Ins…. Di kotak Add-Ins yang terbuka, klik tombol Browse… dan arahkan ke berkas .xla yang Anda miliki. Add-ins untuk fungsi terbilang kini tampak dalam daftar. Centang kotaknya lalu klik tombol OK. Anda sekarang dapat menggunakan fungsi ini di semua dokumen Excel yang Anda buka.

0 komentar:

Posting Komentar